GALERI > BERITA

Pelantikan Qobilah A.R. Fahrudin dan Qobilah Nyai Siti Walidah di MA Muhammadiyah 1 Weleri

[Kategori : BERITA]. [Postdate : 2022-09-01 13:15:35].

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) merupakan kegiatan Ekstra Wajib di MA Muhammadiyah 1 Weleri. HW termasuk organisasi otonom (ortom) pengkaderan, bersama Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Tapak Suci Pemuda Muhammadiyah (TSPM).

Awal Tahun Pelajaran 2022/2023, di MA Muhammadiyah 1 Weleri diadakan pelantikan Qobilah A.R. Fahrudin bagi peserta didik putra, dan Qobilah Nyai Siti Walidah bagi peserta didik putri, tepatnya pada tanggal 18 Juli 2022, bertempat di halaman madrasah dengan disaksikan oleh segenap guru dan karyawan serta peserta didik.

Hizbul Wathan berazaskan Islam, bertujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat dan bangsa. Gerakan kepanduan ini memiliki sifat nasional, terbuka, sukarela dan tidak berorientasi kepada partai politik. Maka sebagai berikut penjelasannya:

  1. Bersifat nasional, artinya ruang lingkup usaha HW meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Repulik Indonesia.
  2. Bersifat terbuka, artinya keanggotaan HW terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, tanpa membedakan gender, usia, profesi, atau latar belakang pendidikan. Penggolongan keanggotaan HW menurut usia hanyalah untuk membedakan status sebagai peserta didik atau anggota dewasa (pembina)
  3. Bersifat sukarela, artinya dasar seseorang menjadi anggota HW adalah suka dan rela, tanpa paksaan atau tekanan orang lain.
  4. Tidak berorientasi pada partai politik, artinya secara organisatoris HW tidak berafiliasi kepada salah satu partai politik dan HW tidak melakukan aktivitas politik praktis. Induk organisasi HW adalah Persyarikatan Muhammadiyah.

Pendidikan kepanduan HW di MA Muhammadiyah 1 Weleri akan dapat membina peserta didik menjadi generasi muda yang tangguh etos kerjanya, komitmen kedisiplinannya, dan unggul mental spiritualnya.

CARI




KATEGORI