GALERI > BERITA

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURIN

[Kategori : BERITA]. [Postdate : 2022-09-01 11:16:46].

Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Purin

 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikburistek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

SD Muhammadiyah Purin melihat kondisi ini sebagai sebuah usaha untuk memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Kurikulum merdeka yang bersifat dinamis membuat setiap sekolah dapat mengembangkan atau menyesuaikan kurikulum dengan kondisi masing-masing. “Kami melihat kurikulum merdeka ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan untuk menentukan kurikulumnya masing-masing. Tentu saja dengan tetap mengikuti ketentuan yang ada”. Kata Pak Irwan, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Purin.

              Hal ini sejalan dengan program-program SD Muhammadiyah Purin yang berpihak pada anak, dengan berusaha memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan cara yang menyenangkan. Beberapa konsep yang dibawa oleh kurikulum merdeka, bahkan sudah dijalankan di SD Muhammadiyah Purin sejak dulu. “Kalau kami perhatikan, sebenarnya kami sudah menerapkan kurikulum merdeka ini sejak dulu. Cuma belum teradministrasi dengan baik”. Kata Pak Irwan.

              Saat ini kurikulum merdeka ini sudah diimplementasikan untuk siswa kelas 1 dan 4.  Kedepan, tentu saja akan diimplementasikan ke lebih banyak jenjang lagi. Pilihan yang diambil dalam implementasi Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022-2023 ini adalah “Mandiri Berubah”, yaitu menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan. Meskipun guru belum diwajibkan  mengembangkan perangkat ajar sendiri,   guru-guru di SD Muhmamadiyah Purin tetap berusaha untuk bisa membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. “Inti kurikulum ini adalah berorientasi pada murid dengan memprioritaskan tumbuh kembang anak secara utuh, mementingkan pengembangan kompetensi dan karakter siswa”. Demikain Pak Irwan mengakhiri pembicaraan.

CARI




KATEGORI