GALERI > BERITA

GENERASI MI MUHAMMADIYAH SUKOMULYO SEBAGAI PENERUS ESTAFET PEMBANGUNAN BANGSA

[Kategori : BERITA]. [Postdate : 2022-09-01 13:07:17].

 

PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT. MERDEKA!! Begitulah kiranya pekikan semangat kemerdekaan itu dengan lantang di suarakan oleh anak – anak dan segenap warga sekolah MI Muhammadiyah Sukomulyo ketika melaksanakan upacara kemerdekaan Indonesia pada hari Rabu, 17 Agustus 2022 yang  kini resmi menambah usia nya menjadi 77 tahun. Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun ini mengusung tema semangat “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini relevan dengan kondisi sekarang karena setelah 2 tahun di hantam pandemi kita telah melalui banyak perjuangan dan bertahan begitu keras dalam semua bidang termasuk pendidikan, sosial bahkan ekonomi. Begitu banyak kegiatan – kegiatan yang sempat tertunda ataupun dialihkan secara online termasuk kegiatan upacara namun saat ini semua bergembira karena upacara terlebih upacara kemerdekaan bisa kembali diadakan secara langsung oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk MI Muhammadiyah Sukomulyo.

Upacara yang berlangsung sungguh khidmat dimana semangat dari siswa siswi MI Muhammadiyah sukomulyo yang begitu antusias serta para petugas upacara yang melaksanakan tugasnya dengan baik melalui keseriusannya dalam berlatih. Bapak/Ibu guru mengenakan pakaian adat yang menambah kental nuansa dari detik – detik proklamasi kemerdekaan pada waktu itu. Semuanya begitu lengkap mengisi hari yang sakral tersebut. Tidak lupa juga siswa siswi kelas 1 hingga kelas 6 beserta bapak/ibu guru yang saling berpartisipasi memeriahkan hari kemerdekaan itu dengan mengadakan perlombaan antar siswa maupun antar guru, diantaranya lomba paduan suara, lomba estafet air, lomba estafet kertas, dan lomba holahop yang semuanya berlangsung sangat seru, tertib, dan supportif.

Lomba – lomba yang diadakan di MI Muhammadiyah Sukomulyo tersebut ternyata bukan tanpa tujuan namun juga bertujuan mengajarkan nilai – nilai positif yang dibutuhkan bagi generasi muda penerus bangsa, seperti lomba paduan suara dimana anak – anak berkompetisi suara menyanyikan lagu Indonesia raya, Mengheningkan Cipta, dan Hari Merdeka. Seperti yang sudah terjadi fenomena saat ini bahwa banyak generasi muda lebih banyak hafal lagu – lagu barat, hip hop, atau percintaan yang bahkan tidak hanya dikonsumsi orang dewasa saja namun anak anak di bawah umur dibandingkan dengan lagu – lagu nasional pun dengan jiwa nasionalisme nya yang kian meluntur. Lomba estafet air menumbuhkan semangat jiwa anti korupsi sejak dini secara sederhana. Lomba estafet kertas maupun holahop mengajarkan akan pentingnya nilai kerja sama, persatuan, dan kekompakan.

SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA!! Di momen yang penuh semangat ini tentunya banyak juga harapan - harapan yang ingin diraih oleh MI Muhammadiyah Sukomulyo demi mengepakkan sayap kesuksesan lebih lebar lagi seperti yang disampaikan oleh Ibu Eny Subekti, S. Pd selaku kepala madrasah yang menyampaikan bahwa, “ Momen HUT RI 77 ini semoga MIM Sukomulyo dapat pulih dari keterpurukan dan bangkit menjadi madrasah bermutu yang memiliki branded Madrasah Tahfidzul Al Qur’an yang sejalan dengan visi misi madrasah, yaitu Terwujudnya Madrasah Tahfidz yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlaqul karimah dan cerdas”.

Penulis : Nova Auliatul Anisah, S. Pd, Guru Kelas 6 MIM Sukomulyo

CARI




KATEGORI