GALERI > BERITA

Esmurin Jadikan Hizbul Wathan Sebagai Pelopor Pendidikan Karakter Siswa

[Kategori : BERITA]. [Postdate : 2022-09-01 13:04:20].

Setiap Jumat sore pukul 14.30-16.30 siswa-siswi SD Muhammadiyah Purin dari kelas 4 sampai kelas 6 mengikuti ektrakurikuler Hizbul Wathan yang merupakan ekstrakurikuler wajib bagi jenjang kelas tersebut. Kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan merupakan gerakan Kepanduan di organisasi otonom Persyarikatan Muhammadiyah dibidang pendidikan. Ada banyak cara untuk menanam pendidikan karakter untuk siswa, salah satunya bisa melalui kegiatan kepanduan Hizbul Wathan. SD Muhammadiyah Purin menjadikan ekstrakurikuler Hizbul Wathan untuk menanamkan pendidikan karakter bagi siswa-siswinya.

“Tujuan utama ektrakurikuler Hizbul Wathan di esmurin adalah untuk membentuk karakter siswa, agar siswa-siswi menjadi pandu Hizbul Wathan yang berakhlakul karimah, mandiri dan terampil”. Ungkap pak Burhan, Pembina HW di Esmurin.Tujuan adanya ektrakurikuler Hizbul Wathan di SD Muhammadiyah Purin untuk pembentukan karakter dan menanamkan kedisiplinan siswa. Pendidikan karakter yang diajarkan dalam kegiatan Hizbul wathan di SD Muahammadiyah Pruin diantaranya yaitu : Pelatihan Baris Berbaris (PBB), pioneer atau tali-temali, pembuatan tandu, pendirian tenda, membaca peta dan mengenal lingkungan sekitar. “Semua kegiatan ini dilakukan dengan cara yang menyenangkan sehingga ekstrakurikuler HW ini dinanti-nanti oleh siswa setiap hari Jumat”. Tambah pak Burhan.

Kepala sekolah Muhammadiyah SD Muhammadiyah Purin Bapak Ahmad Sofi Irwanto memberi dukungan penuh Hizbul Wathan menjadi ektrakurikuler wajib dan dapat menjadi pionir implementasi pendidikan karakter bagi siswa-siswi Esmurin. “Ektrakurikuler Hizbul Wathan mulai aktif kembali setelah PPKM dilonggarkan di Kabupaten Kendal. Dengan semangat baru, spirit baru dan progam-progam baru untuk oleh siswa-siswi Esmurin kelas 4 sampai kelas 6. Adanya ektrakurikuler Hizbul Wathan diharapkan bukan hanya menjadi ektrakurikuler pelengkap saja, tetapi dapat menjadi pelopor untuk menanamkan pendidikan karakter di Esmurin.”  Demikian beliau menutup pembicaraan.

CARI




KATEGORI